Resolusi Lebaranku, Lebih Cermat dengan Cermati

4

Tidak terasa, sudah hampir seminggu lebaran berlalu, lebaran tahun ini sangat spesial dan berkesan bagi Saya dan keluarga, karena menjadi lebaran pertama buat anak kedua Saya, dan jadi lebaran pertama kami di rumah yang baru.

Setiap mau lebaran, pasti banyak rencana, mulai dari belanja baju lebaran, beli kue-kue, siapkan angpao, ketupat sampai mudik lebaran.  hal lumrah karena telah menjadi rutinitas tahunan, saya pun sebagai kepala Keluarga telah mafhum akan kondisi ini, pasti UUD (ujung – ujungnya duit). Tapi lebaran tahun ini beban bertambah lagi, saya harus punya rumah sebelum lebaran. Kalau di pikir-pikir, jika mau di beli semua, dari mana uangnya ?

Untung Saya selalu berkaca pada kedua orang tua. Bagaimana mereka selalu bisa membeli baju lebaran untuk kami anak-anaknya, kue dan lain-lain. Coret-coretan pada buku harian ibu, menjadi sebab saya tahu bagaimana kerasnya ibu menyiasati uang belanja bulanan agar cukup bagi kami sekeluarga bisa berlebaran dengan bahagia. Kuncinya ternyata adalah rencana. Di setiap plan A yang gagal selalu ada plan B, itu kenapa selalu ada garis dua pada setiap rencanannya.

Resolusi lebaranku tahun ini, adalah menyusun Rencana keuangan yang cermat. Di mulai dari memiliki rumah sebelum lebaran. Ini menjadi prioritas pertama dalam keuangan, bukan kenapa karena kontrakan kami sudah jatuh tempo di bulan Juli. Jika kontrakan di lanjutkan, harga kontrakan sudah melambung tinggi. Lebih baik uang yang ada, di gunakan untuk DP beli rumah sekalian investasi masa depan.

Tidak terhitung berapa banyak informan dan web yang saya jelajahi, tetapi sayangnya beberapa informasi yang di sajikan sangat terbatas,  hanya website www.cermati.com, situs ini yang memberikan saya gambaran yang jelas tentang simulasi kredit, biaya-biaya dan persyaratan kredit yang harus di siapkan. Tentunya setelah mencermati melalui simulasi-simulasi kredit, Saya putuskan untuk ambil KPR, tentunya memilih yang sesuai budget, jangan sampai besar pasak daripada tiang.

Picture1Ini situsnya, situs solusi semua masalah keuangan kamu, cermati.com

Rumah sudah tercapai, saatnya untuk berpikir keperluan lebaran dan biaya mudik ? darimana uangnya ?

Untungnya, saya sudah di ajari cermat dalam mengatur keuangan oleh cermati.com, saya tahu berapa sisa budget anggaran setelah membeli rumah secara KPR. Dengan sisa anggaran dari beli rumah ini, saya ingin impian yang lain tercapai. Caranya dengan menerapkan skala prioritas lagi. Yang di prioritaskan tentu saja beli baju lebaran buat anak-anak, untuk baju lebaran bapak dan ibunya masih bisa gunakan baju lebaran tahun kemaren. kemudian belanja kue-kue dan tentu saja menyiapkan kuliner khas lebaran.

Ups, sesempurna itu kah perencanaannya ? tidak juga, ada satu dua yang tidak berjalan sesuai rencana, contohnya seperti mudik lebaran. Itu sebabnya saya memberikan dua coretan garis dua pada budget mudik lebaran, dan beralih ke plan cadangan, yaitu liburan hemat. Biar keluarga ga kehilangan mood saat lebaran, saya ajak mereka liburan ke objek wisata terdekat sebagai pengganti mudik.

Dalam lebaran tahun ini, saya tidak memaksakan diri untuk berhutang. sebenarnya banyak tempat yang menawarkan pinjaman dengan bunga terjangkau atau pun dengan sistem gadai barang. Tetapi yang namanya hutang, tetap hutang, ya harus di bayar. Dapat hutangnya sih enak, uang dapat segepok, tapi nyesaknya pas bayar, keingat uangnya cuma habis buat kebutuhan konsumtif saja. Untuk itu resolusi lebaran tahun ini, saya memasukan resolusi lebaran tanpa hutang.

Dan resolusi terakhir saya adalah lebih banyak menabung. menabung untuk urusan dunia dan akhirat. Tabungan akhirat harus mulai di perbanyak saldonya melalui ibadah, pahala, sedekah, silaturahmi, dll. Sedangkan tabungan dunia, momennya pas sekali dengan lebaran, silaturahmi di perbanyak, jadi bisa mulai dari 0 lagi. Kalau silatrahmi di perbanyak, insya allah rejeki akan mengalir deras, jika rejeki terus mengalir, harus mulai memikiran lebih banyak menabung. Untuk itu saya akan selalu berkunjung ke cermati.com untuk memilih tabungan terbaik untuk masa depan saya dan keluarga. Dengan memiliki tabungan, saya punya opsi lain selain kredit untuk memiliki sesuatu atau merencanakan pembelian investasi yaitu melalui pembelian cash hasil tabungan.

Tinggalkan Balasan

