Menjadi Freelancer, Kenapa Tidak ?

freelancer

.

Kami menggoyangkan langit, menggempakan darat, dan menggelorakan samudera agar tidak jadi bangsa yang hidup hanya dari 2 ½ sen sehari. Bangsa yang kerja keras, bukan bangsa tempe, bukan bangsa kuli. Bangsa yang rela menderita demi pembelian cita-cita

Sukarno, Presiden Pertama Republik Indonesia.

Itulah sepengal kalimat dari Bapak pendiri bangsa, Sukarno. Yang mencita-citakan rakyat Indonesia menjadi rakyat yang hidup dalam kesejahteraan. Rakyat yang terus bekerja keras di mana pun berada. Tetapi bukan kerja keras sebagaimana bangsa tempe atau bangsa kuli. Tetapi kerja keras yang yang rela menderita (Ikhlas) dan cerdas.

Saya adalah seorang Pegawai Negeri. Saya harus jujur mengakui, pendapatan saya tidak mencukupi untuk kebutuhan hidup. Untuk itu, Saya perlu tambahan. Apa yang saya alami, juga di alami oleh hampir dominan Pegawai Negeri di republik ini. “Mengeluh dan terus mengeluh” adalah makanan sehari-hari yang harus saya dengar dari lingkungan.

Menjadi freelancer, adalah pilihan saya untuk melawan keluhan hidup. Setidaknya saya tidak mengikuti sistem lingkaran setan negeri ini. Dengan menjadi koruptor, penyunat honor ataupun pengambil pungutan liar, jalur termudah yang dapat dilakukan semua Pegawai Negeri. Bukan hanya faktor uang semata, saya memilih menjadi freelancer. Fleksibilitas waktu dan dapat menikmati hidup secara lebih adalah faktor lain yang memantapkan hati saya menekuni bidang ini. Menulis dan berkreasi dengan desain adalah panggilan jiwa saya, saya berasa ingin hidup lebih lama apabila sedang menulis atau berkreasi.

Telah banyak tulisan yang telah saya buat, baik berupa artikel ataupun review tetapi pertanyaan kemudian yang berputar di otak, apa yang saya dapatkan dari tulisan saya ?. Bisakah karya Saya menopang kehidupan keluarga Saya.

Globalisasi Internet adalah jawaban atas pertanyaan Saya. Tidak perlu saya mempersiapkan setumpuk arsip ijazah untuk lamaran, cukup upload karya dan beberapa informasi personal untuk menguji kelayakan saya sebagai seorang freelancer. Walaupun baru untuk media lokal, hasilnya pun lumayan, setidaknya saya tidak khawatir dengan namanya tanggal tua. Karena Saya adalah seorang pemula dalam freelancer, maka perlu banyak belajar lagi untuk pengembangan diri terutama mencari peluang di pasaran freelance nasional dan dunia.

Tidak banyak yang bisa Saya inspirasikan bagi Anda semua. Yang Saya tahu freelancer telah menjadikan hidup Saya menjadi lebih berwarna dan memberikan berbagai tantangan baru. “Otak Saya tidak buntu lagi” itulah kata yang bisa Saya ucapkan. Kreatifitas dan kreasi ide mengalir. Saya menyadari, telah lama Saya membiarkan otak saya terpasung dalam ruang dan waktu. Profesional dan kepribadian adalah kata kunci dalam freelancer, itulah petuah dari para professional freelancer untuk menjadi seorang freelancer yang sukses. Tantangan terbesar dalam freelancer adalah Kepuasan dan Deadline. Dengan deadline terbatas, freelancer di tuntut memberikan kepuasan lebih dalam hasil kerja.

Rahasia cerdas lainnya dari freelancer sukses adalah mampu mempromosikan diri tidak hanya di dunia offline tetapi juga di dunia online. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan Situs Freelance. Situs freelance adalah situs yang menghubungkan pencari kerja dengan perekrut karyawan. Situs ini yang sekarang mulai ingin Saya pelajari.

Situs freelance dengan kredibilitas tinggi adalah Freelancer.co.id yang merupakan website regional Indonesia dari Freelancer.com, perusahaan online outsource dan crowdsource terbesar di dunia. Sekarang ini, Freelancer.com memiliki lebih dari 7 juta pengguna di seluruh dunia. Situs ini mempertemukan bisnis kecil hingga menengah serta pengusaha-pengusaha di seluruh dunia dengan tenaga kerja mendunia.

Cara kerja situs Freelancer.co.id cukup gampang. Kita hanya perlu membangun profil diri dan pekerjaan serta memberikan penawaran dari setiap proyek yang disediakan oleh perusahaan. Jika mereka cocok dengan penawaran dan kemampuan kita, maka perusahaan tersebut akan memberikan pekerjaan tersebut.

Jika anda adalah seorang pebisnis/pengusaha, maka anda dapat bertindak pula sebagai pemberi kerja. Freelancer.co.id akan mempertemukan anda dengan jutaan profesional di seluruh dunia yang siap dan dapat menyediakan layanan  berupa pembuatan perangkat lunak, penulisan, entri data dan desain, teknik dan sains, penjualan dan pemasaran, serta akuntansi dan layanan hukum. Selain itu Freelancer.co.id dapat membantu pebisnis kecil di Indonesia dengan mempekerjakan pekerja ahli dengan biaya kurang dari 300.000 rupiah dan menawarkan transaksi dalam bentuk mata uang lokal. Sehingga hemat biaya dengan tanpa mengurangi kualitas hasil kerja dari freelancer.

Untuk itu bergabunglah dengan Freelancer.co.id, lakukan penawaran dan lihat lah berapa banyak yang akan menghargai kemampuan dan penawaran anda.

kembali ke menu daftar blog

2 comments

Tinggalkan Balasan

