Fort Marlborough, Jejak Inggris di Tanah Bencoolen

Oleh Sinly Evan Putra

Fotografer : Reja Tridianto

Mau tahu salah satu ikon wisata sejarah yang wajib anda kunjungi di Bengkulu ? buat anda yang mau ke Bengkulu, mungkin ini menu wajib yang harus ada dalam daftar kunjungan anda. Ya Fort Marlborough atau di kenal dengan sebutan Benteng Marlborough merupakan benteng Inggris terbesar kedua di Benua Asia. Benteng ini di bangun di Bencoolen yang merupakan nama lama dari Bengkulu.

Fort Marloborugh

Bangunan ini didirikan oleh Perserikatan Dagang Inggris pada kurun waktu 1713 – 1719 dengan arsitektur bangunan menyerupai kura-kura. Tidak butuh waktu lama untuk tiba di tempat ini, hanya kurang lebih setengah jam dari Bandara Fatmawati Bengkulu atau jika anda dari laut, juga sama kurang lebih setengah jam dari Pelabuhan Laut Pulau Baai.

Mengapa Inggris memilih membuat benteng di Bengkulu ?

Jawabannya karena “Lada”, waktu itu harga lada sangat tinggi di pasaran dan bisa menjamin kantong bangsa Inggris selalu penuh. Maka itu di pertengahan abad 17 Inggris membangun pos dagang di kawasan ini dan seabad kemudian Bencoolen menjadi pusat perdagangan lada yang penting.

Namun seiring waktu, prospek lada terus menurun di pasaran dan tidak lagi menguntungkan, belum lagi ditambah kondisi bentang alam dan infrastruktur di Bencoolen yang buruk. Gubernur Jenderal Inggris di Bencoolen Thomas S. Raffles (1818) mengatakan dalam suratnya kepada Wiliam Marsden, Raffles mengatakan “Tidak bisa tidak ini adalah tempat paling busuk yang pernah saya lihat. Tidak bisa saya jelaskan dengan tepat betapa lapuk dan bobroknya semua yang ada di sekeliling saya…penduduk pribumi menyebutnya Tanah Mati…”. Akhirnya Bencoolen di tinggalkan dan berganti fungsi menjadi tempat favorit pengasingan, setidaknya dua nama besar di republik ini pernah singgah di penjara Fort Marlborough yaitu Ir. Soekarno dan Sentot Ali Basah.

Gapura Marlborough

Perkantoran Marlborough

Gambar Gapura Fort Marlborough dan Kantor Perkantoran East India Company

Gudang Mesiu

Gambar Gudang Penyimpanan Senjata Inggris di Fort Marlborough

Memasuki era kemerdekaan dan reformasi, Fort Marlborough telah mengalami beberapa kali pemugaran tetapi bagian penting dari bangunan sejarah ini tetap di pertahankan, anda dapat melihat beberapa meriam tetap terpajang rapi dan deretan penjara yang tetap di jaga keasliannya. Setidaknya sekarang Fort Marlborough tidak lagi menjadi tempat favorit pengasingan tetapi telah menjadi tempat favorit wisata sejarah.

Meriam Marlborough

Gambar Deretan Meriam Kuno yang Masih Terpajang RapiThomas Rafles

Gambar Bertatapan dengan Thomas RafflesPenjara Marlborough

Gambar Penjara dan Tulisan di Dinding yang di Tulis oleh Penghuni PenjaraTulisan di penjara

Gambar Isi Tulisan di Dinding dari Penghuni Penjara di Fort Marlborough

Bagaimana mau berkunjung ke Bencoolen ? Saya tunggu anda di sini.

kategori my adventure

kembali ke menu daftar blog

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s