Studi Kemampuan Adsorpsi Biomassa Alga Nannochloropsis SP. yang Diimobilisasi Polietilamina-Glutaraldehid terhadap Ion Logam Pb(II), Cd(II) dan Cu(II)

.

SKRIPSI SARJANA (S1) KIMIA

FMIPA UNIVERSITAS LAMPUNG

2007

PENULIS :
SINLY EVAN PUTRA

PEMBIMBING :
1. Dr. SUHARSO
2. Dra. BUHANI, MSi

ABSTRAK

Nannochloropsis sp. merupakan jenis alga hijau bersel satu yang dapat dimanfaatkan untuk mengadsorpsi ion-ion logam. Kemampuan adsorpsinya cukup tinggi karena di dalam alga Nannochloropsis sp. terdapat gugus fungsi amina, amida, dan karboksilat yang dapat berikatan dengan ion logam. Namun pemanfaatan secara langsung dalam bentuk biomassa (sel mati), sangat rentan terhadap degradasi oleh mikroorganisme, sehingga perlu dilakukan immobilisasi.

Pada penelitian ini telah dilakukan immobilisasi biomassa Nannochloropsis sp. dengan matriks polimer hasil cross-link antara polietilamina-glutaraldehida, dan selanjutnya dilakukan proses adsorpsi terhadap ion logam Pb(II), Cd(II), dan Cu(II). Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa waktu optimum untuk mencapai adsorpsi maksimum ion logam Pb(II), Cd (II), dan Cu(II) oleh biomassa terimmobilisasi berturut-turut adalah 10 menit, 30 menit, dan 60 menit.

Kapasitas adsorpsi maksimum biomassa terimmobilisasi terhadap ion logam adalah sebesar 5.630 mg/g adsorben untuk Pb(II), 5.132 mg/g untuk Cd(II), dan 5.670 mg/g untuk Cu(II). Sedangkan energi adsorpsi masing-masing ion logam adalah 28.428 kJ/mol untuk Pb(II), 25.745 kJ/mol untuk Cd(II) dan 26.946 kJ/mol Cu(II). Dari besarnya energi adsorpsi ini, diketahui bahwa interaksi yang terjadi antara biomassa terimmobilisasi dengan ion logam merupakan interaksi kimia. Secara umum kapasitas dan energi adsorpsi Pb(II)~Cu(II)>Cd(II).

Laju adsorpsi ion logam Pb(II), Cd(II), dan Cu(II) oleh biomassa terimmobilisasi pada penelitian ini, optimum pada temperatur 27oC dengan laju adsorpsi berturut-turut adalah 0.1097 M.min-1, 0.4155 M.min-1, dan 0.3103 M.min-1.

Kata Kunci: Nannochloropsis sp. Logam Berat, Adsorpsi

 

kategori kimia air

kembali ke menu daftar blog

.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s