Cara Mudah Mengisolasi DNA

Dari berbagai buku-buku ilmiah, kita ketahui bahwa untuk mendapatkan DNA itu susah sekali seperti harus mengunakan pipet mikro dan alat sentrifus. Padahal kita terkadang cuma pingin tahu bentuk DNA itu seperti apa sih.

Untuk itu lakukan percobaan sederhana berikut, yang dapat anda lakukan di rumah anda sendiri:

BAHAN :

  • Sumber DNA (semisal, daging, hati ayam, kedelai, kacang hijau dll)
  • Air
  • Sabun cuci piring/deterjen seperti sunlight botolan
  • Nanas
  • Alkohol 95%

ALAT :

  • Sendok makan
  • Sendok teh
  • Tusuk es cream dari kayu
  • Botol transparan
  • Termometer

CARA MENGISOLASI:

  1. Haluskan bahan sumber DNA kita semisal hati ayam dengan menggunakan penghancur daging.
  2. Hangatkan air sampai sekitar 60oC, ambil 1 sendok teh sumber DNA kita (hati ayam) dan masukkan ke dalam botol plastik, tambahkan 1.5 sendok makan air hangat dan kocok hingga kurang lebih 3 menit.
  3. Setelah tampak tercampur dan sebagian larut. Tambahkan setengah sendok teh deterjen cair (kalau mengunakan kemasan yang ada pompanya maka kira-kira satu kali pompa dengan tekanan biasa) Campurkan deterjen itu dengan cara membolak balikan botol secara perlahan tapi sempurna, setiap setengah menit sekali selama 5 menit. Hindari terlalu banyak busa, busa dihilangkan dengan cara menghisapnya dengan tisu.
  4. Tambahkan jus nanas setengah sendok makan pada campuran diatas secara perlahan dan merata.
  5. Siapkan alkohol 95% dengan volume kira-kira sama dengan larutan pada tahap 3 dan juga dalam botol yang kira-kira ukurannya sama. Miringkan botol berisi campuran yang sudah tercampur, secara perlahan tambahkan alkohol 95% dengan cara mengalirkannya pada dinding botol tersebut sampai kira-kira total volumenya menjadi 2 kali. Pada tahap ini tidak dibolehkan mencampur secara keras dan tidak boleh diaduk.
  6. Setelah semua alkohol dituang kedalam botol yang berisi campuran bahan DNA, air dan deterjen, maka akan terbentuk lapisan antara alkohol dengan lainnya yang tidak bercampur. Perhatikan secara seksama pada batas kedua lapisan cairan itu terdapat lapisan putih, dan bila anda sudah melihatnya, maka anda sukses melihat DNA.
  7. Siapkan plastik klip dan ambillah dengan sendok es krim gumpalan putih itu dan abadikan dengan kamera. Bila ingin mengulang, timbanglah berapa jumlah DNA yang mampu kita dapatkan, dan buatlah perlombaan untuk menentukan siapakah yang lebih jago mendapatkan DNA dengan tehnik sederhana ini.

Selamat Mencoba.

kategori praktikum

kembali ke menu daftar blog

.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s